• Tue. Jun 15th, 2021

Jago Liput

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Membuat Iklan Pertama Anda Di Facebook Ads

Dalam ketatnya persaingan bisnis online saat ini, Anda membutuhkan lebih dari satu advertising channel agar dapat sukses. Salah satu yang layak Anda coba adalah Facebook Ads.

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah layanan milik situs jejaring Facebook untuk mengiklankan serta mempromosikan bisnis Anda kepada para pengguna facebook. Sebagai pemasang iklan, Anda dapat menentukan sendiri jangkauan yang Anda inginkan agar postingan yang Anda iklankan tepat sasaran.

Facebook Ads sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha kecil, menengah maupun usaha berskala besar.

Menariknya lagi, Facebook Ads tidak memerlukan keahlian khusus. Semua orang bisa menggunakannya dengan mudah, bahkan pengguna awam sekalipun.

Siapa yang Bisa Anda Targetkan Menggunakan Facebook Ads?

Saat ini Facebook setidaknya digunakan oleh dua miliar orang di seluruh dunia. Anda bisa menentukan siapa saja yang dapat melihat iklan Anda berdasarkan demografi, perilaku, maupun informasi kontak spesifik yang mereka miliki.

Misalkan Anda memiliki produk makanan kucing . Tentu produk Anda memiliki peluang laku keras jika dipasarkan di segmen pehobi kucing bukan? Nah, dengan menggunakan Facebook Ads, iklan Anda akan ditampilkan pada orang-orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda.

Retargeting

Hal menarik lain dari Facebook Ads adalah fitur retargeting. Ada dapat menentukan pemirsa iklan Anda berdasarkan information pemirsa (alamat e-mail, nomor telepon, dan lain-lain), pengunjung website, pengguna aplikasi, bahkan orang yang pernah berinteraksi dengan konten Anda di Facebook.

Mungkin Anda pernah mengakses web site seperti Tokopedia atau Bukalapak, kemudian, setelah itu Anda membuka Facebook dan tampil iklan layanan mereka, menampilkan barang yang sebelumnya Anda cari di sana. Ini adalah contoh jenis retargeting Lalu Lintas Situs Web.

Fitur retargeting inilah yang semakin menjadikan Facebook Ads tepat bagi bisnis on-line. Anda dapat mengiklankan produk apa saja, kapanpun Anda inginkan.

Oke, Mari kita mulai untuk membuat marketing campaign pertama Anda di fb Ads

Untuk memulai, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu yaitu :

* Akun Facebook
* Facebook Fan Page
* Kartu kredit / Rekening financial institution
* Produk yang akan diiklankan
* Website

Buat Halaman Facebook Bisnis Anda (Facebook Fanpage)

Sebelum mulai memasang iklan di Facebook, Anda harus memiliki sebuah Halaman Facebook atau Facebook Fan Page terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki Halaman Facebook, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini untuk membuatnya.

1. Silakan akses URL berikut ini: /pages/create/ kemudian pilih jenis halaman yang menggambarkan bisnis Anda. Dalam tutorial ini Saya memilih Perusahaan, Organisasi, atau Institusi.

2. Pilih kategori dan masukkan nama perusahaan Anda, kemudian klik tombol Memulai.

three. Masukkan Foto Profil untuk halaman Facebook Anda.

four. Tambahkan Foto Sampul halaman Facebook Anda

5. Selanjutnya Anda dapat mengundang teman untuk menyukai Halaman Facebook Anda, atau melewatinya dengan menekan shut.

6. Selamat! Pada langkah ini pembuatan Halaman Facebook Anda sudah selesai.

Mulai Pasang Iklan di Facebook

1. Untuk memasang iklan di Facebook Ads, pastikan anda sudah login di akun Facebook, kemudian silakan buka tautan berikut ini: /adverts/supervisor

2. Klik tombol + Buat

Tentukan Tujuan Marketing

Silakan pilih tujuan marketing, pada contoh ini Saya memilih Lalu Lintas Kunjungan.

Berikut adalah fungsi dari masing-masing tujuan advertising yang tersedia, silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dari produk Anda:

Kesadaran

Kesadaran Merek: Meningkatkan kesadaran orang yang memiliki ketertarikan pada produk yang Anda miliki.

Jangkauan: Menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal dari orang sesuai dengan anggaran Anda.

Pertimbangan

Lalu lintas kunjungan: Meningkatkan jumlah kunjungan ke web site Anda atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi Anda.

Interaksi: Pilihan ini tepat jika Anda ingin mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada acara yang akan Anda selenggarakan atau untuk promo mengenai produk Anda.

Pemasangan aplikasi: Tujuan iklan ini berguna bagi Anda yang menginginkan orang lain menginstal aplikasi yang Anda buat.

Penayangan video: Jika Anda membuat konten berupa video, pilihan ini harus dipilih untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton video yang Anda buat.

Pembuatan prospek: Untuk mengumpulkan knowledge dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda, information tersebut dapat berupa alamat e-mail.

Konversi

Konversi: Untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website Anda.

Penjualan katalog: Menampilkan iklan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan goal yang ditentukan.

Kunjungan toko: Jika Anda memiliki toko offline atau toko fisik, silakan pilih bagian ini untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi toko Anda.

Silahkan klik tombol Lanjutkan.

Atur Set Iklan

Tentukan nama set iklan Anda, pada contoh ini kami membuat nama Iklan Pertamaku.

1. Kunjungan – Di bagian kunjungan silakan pilih salah satu, kami memilih Situs Web, Aplikasi atau Messenger.

2. Promo – Jika Anda ingin menambahkan promo, silakan aktifkan bagian Promo, dan pilih Pelajari selengkapnya untuk mempelajari lebih detail. Pada langkah ini Saya tidak mengaktifkannya.

3. Pemirsa – Pada langkah ini silakan tentukan saja yang Anda inginkan untuk melihat iklan Anda.

Berikut adalah penjelasan element mengenai Pemirsa dari iklan Anda nantinya, silakan disesuaikan dengan goal yang sesuai dengan produk yang Anda miliki:

Pemirsa Khusus: Facebook Ads terdapat fitur untuk menargetkan kepada siapa iklan Anda akan ditampilkan. Anda dapat menggunakan alamat e-mail, nomor telepon, ID pengguna Facebook, atau ID pengguna aplikasi untuk membuat dan menyimpan pemirsa sebagai target iklan Anda.

Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi dari target Masukkan satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, dan lainnya

Umur: Jika produk yang akan Anda iklankan berdasarkan rentang usia tertentu, Anda dapat memilih goal berdasarkan usia, misalnya orang dengan usia tahun.

Silakan disesuaikan dengan produk yang akan Anda iklankan.

Jenis Kelamin: Anda juga dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika produk khusus wanita berarti Anda dapat memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Selain itu juga dapat dipilih keduanya.

Bahasa: Jika Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, biarkan ini kosong kecuali pemirsa yang Anda targetkan menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah Anda pilih.

Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk goal iklan yang lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan untuk memilih yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan.

Koneksi: Pilihan ini berguna jika Anda ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi atau acara Anda. Sehingga iklan Anda dapat dilihat oleh orang yang sudah pasti memiliki ketertarikan pada produk Anda. Ini akan mempersempit pemirsa Anda dengan menyertakan orang-orang yang hanya memiliki hubungan khusus tersebut, yang juga memenuhi kategori penargetan lainnya yang telah Anda pilih.

Setelah semua pengaturan sudah Anda tentukan, silakan klik tombol Simpan Pemirsa ini.

4. Penempatan – Untuk menentukan penempatan iklan Anda yang ingin ditampilkan, disini Saya memilih Penempatan Otomatis. Untuk penempatan terdapat dua pilihan:

Penempatan Otomatis (Disarankan):

Untuk pilihan ini Anda tidak perlu memilih dimana iklan Anda ingin ditampilkan, secara otomatis Facebook akan menampilkan iklan pada Plaform dengan
kinerja paling baik, seperti pada Facebook, Instagram atau Audience Network.

Sunting Penempatan:

Pada pilihan ini Anda dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan berdasarkan Jenis Perangkat dan Platform. Misalnya jika Anda ingin iklan tampil pada perangkat tertentu seperti Seluler atau Desktop (disarankan memilih semua perangkat). Untuk Platform berupa Facebook, Instagram dan Audience Network.

5. Anggaran & Jadwal

Tentukan berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan, dan kapan Anda ingin iklan ditayangkan. Pada contoh ini Saya coba menentukan anggaran harian sebesar Rp 100.000,- (harga minimal harian) dan Iklan akan Saya coba dijalankan selama 31 hari. Jumlah belanja iklan tidak lebih dari Rp 3.100.000,-

Jika Anda menginginkan iklan yang lebih spesifik lagi, silakan pilih Tampilkan Opsi Lanjutan dan lakukan pengaturan sesuai kebutuhan Anda.

Pada langkah ini proses melakukan Set Iklan sudah selesai, silakan klik tombol Lanjutkan untuk ke tahap selanjutnya.

Identitas, Format, dan Tautan Iklan

Identitas

Hubungkan Halaman Facebook – Silakan pilih Halaman Facebook Anda, jika belum memiliki halaman Facebook silakan buat baru dengan menekan tombol +.

Format

Terdapat lima jenis format iklan yang dapat Anda pilih, yaitu sebagai berikut ini.

* Karosel – Tampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.
* Gambar Tunggal – Tampilan iklan dengan 1 gambar.
* Video Tunggal – Iklan dengan sebuah video.
* Tayangan Slide – Iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar
* Koleksi – Tampilkan koleksi merchandise yang terbuka dalam layar penuh di perangkat seluler.

Pada tutorial ini Saya mencoba memilih Format Gambar Tunggal.

Gambar – Silakan pilih gambar yang sesuai dengan iklan yang akan Anda tampikan. Untuk tampilan iklan yang akan muncul, dapat Anda lihat di bagian Contoh Iklan.

Tautan

* URL Situs Web – URL Situs Tujuan Iklan
* Teks – Pada bagian teks silakan diisi dengan deskripsi yang menjelaskan dari iklan Anda tersebut, sehingga orang yang melihat iklan Anda dapat memahaminya dengan mudah.
* Judul – Judul iklan
* Ajakan bertindak – Tombol ajakan bertindak

Setelah itu silakan klik tombol Konfirmasi atau Anda dapat memilih Tombol Ulas untuk melihat ringkasan dari iklan Anda.

Tunggu Persetujuan dari Pihak Facebook

Silakan tunggu proses evaluate dari pihak Facebook untuk iklan Anda disetujui.

Pada langkah ini iklan Anda belum berjalan, karena diperlukan untuk memasukkan metode pembayaran dan memasukkan saldo. Silakan lanjut ke langkah Menambahkan Metode Pembayaran.

Metode Pembayaran

Setelah Anda memasang iklan di Facebook melalui Pengelola Iklan (Ads Manager), silakan untuk menambahkan metode pembayaran. Untuk metode pembayaran dapat menggunakan dua cara. Yaitu menggunakan Kartu Kredit/Debit dan Bank Transfer (ATM atau Internet Banking).

Pertama-tama silakan buka tautan berikut ini:

/ads/manager/billing

Setelah itu silakan klik tombol Tambah Uang.

Silahkan Pilih Metode Pembayaran, pada kali ini saya mencontohkan pilihan ATM dan Bank Transfer, Klik Lanjutkan

Ketikkan jumlah Saldo yang akan Anda tambahkan, klik tombol Tinjau Pembayaran

Klik tombol lanjutkan hingga Anda mendapatkan Invoice Pembayaran seperti berikut ini :

Setelah metode pembayaran sudah Anda tambahkan dan masuk sebagai saldo pada akun adverts manager, iklan Anda akan akan aktif secara otomatis.