• Mon. Jun 14th, 2021

Jago Liput

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Panduan Lengkap Facebook Ads : Defenisi, Cara Kerja, Analisa

Jika anda memiliki facebook, kini anda tidak hanya bisa melakukan pertemanan dan bertukar informasi saja. Facebook kini bisa menghasilkan uang dengan market place. Anda dapat membangun toko online anda hanya menggunakan akun fb anda.

Bahkan, anda dapat berjualan dan mempromosikan produk anda sekaligus. Teknologi Facebook adverts membuat jangkauan promosi anda menjadi lebih luas. Dengan facebook ads bahkan anda bisa mengatur waktu untuk tayangan iklan promosi produk anda. Anda juga bisa membaca Artikel Menentukan Market & Channel yang Efektif untuk Bisnis & Startup untuk membantu Anda terlebih dahulu dalam menentukan Channel yang Efektif untuk jualan Anda

Nah, Sebelum mengaktifkan fb adverts, yuk simak panduan lengkap tentang facebook adverts ini.

Apa Itu Facebook Advertising (Facebook Ads)

Facebook Advertising (Facebook Ads) adalah sebuah promoting platform yang dimiliki oleh Facebook. Tugas Facebook Ads adalah menyebarkan konten iklan bisnis yang anda punya ke dalam di timeline para consumer Facebook. Penempatan iklan biasanya berada pada beranda atau sidebar. Dengan berkembang pesatnya fb saat ini, maka tidak heran banyak orang berbondong – bondong untuk membuat akun facebook dan membuat facebook adverts agar dapat menjangkau banyak pembeli dimana pun berada.

Bagi warga Semarang dan sekitarnya kini sangat mudah menemukan untuk CCTV di mana saja. CCTV Semarang tentu akan memudahkan masyarakat Semarang yang membutuhkan camera CCTV, baik untuk kebutuhan rumahnya maupun tempat-tempat lain. Seperti misalnya daerah pertokoan, pusat perbelanjaan, ATM center, tempat parkir, sekolah dan masih banyak lagi.

Nah ketika sudah membeli kamera CCTV, tentu pemilik harus benar-benar memperhatikannya dan melakukan perawatan agar produk tersebut bisa awet digunakan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips penting saat itshop.co.id merawat kamera CCTV.

Anda dapat memanfaatkan Facebook Advertising (Facebook Ads) sebagai salah satu alternatif untuk channel jualan Anda, untuk menggunakannya juga sebenarnya tidak sulit karena juga banyak sekali panduan-panduan yang tersedia diinternet dan grup yang membahas terkait Facebook Advertising (Facebook Ads) ini.

Baca Juga : Panduan Memaksimalkan Seo Youtube Terbaru Lengkap

Cara Kerja Facebook Advertising (Facebook Ads)
Ketika anda ingin beriklan di Facebook, Anda harus memiliki Fanpage terlebih dahulu . Fanpage contohnya untuk bisnis, komunitas, hobi, dan lain-lain. Setelah punya Fanpage, barulah kamu bisa beriklan di Facebook. Untuk akun pribadi, kamu tidak bisa mengiklankan apa yang kamu posting. Maka, meskipun kamu hanya usaha kecil-kecilan, usahakan untuk tetap punya fanpage Facebook supaya suatu hari nanti kamu bisa mengiklankannya.

Iklan fanpage ini punya tujuan masing-masing pemasang iklan. Misalnya ada yang hanya untuk brand consciousness, ada yang mau supaya orang ikut memberi Like pada fanpage tersebut, ada pula yang mau supaya terjadi transaksi dari iklan tersebut. Hal ini disebut juga sebagai tujuan Campaign, yang setelah ditetapkan selanjutnya kamu akan diberikan pilihan goal audiens, mulai dari gender, bahasa, letak geografis, status pernikahan, standing pendidikan, hal yang disukai, dan lain-lain.

Selain bisa mengatur jenis marketing campaign dan target audiens, kamu pun bisa mengatur jadwal kapan kamu mau iklan tersebut muncul. Berapa hari, dari hari apa sampai hari apa, dan berapa price range yang akan kamu tetapkan untuk periode marketing campaign tersebut.

Metode Pembayaran Facebook Advertising (Facebook Ads)

Dalam aturan Facebook Ads, untuk convertion memiliki beberapa aturan, biasanya biaya iklan bisa untuk perbulan atau bisa juga per tahun. Sama seperti Google Adwords, metode pembayaran Facebook Ads terdiri dari beberapa yaitu, CPM (Cost per a thousand Mille) di mana kamu akan membayar iklan per one thousand kali impresi penayangan iklan dan CPC (Cost per Click) di mana kamu akan membayar saat iklan diklik oleh goal audiens.

Proses pembayarannya juga sangat mudah, Anda dapat menggunakan berbagai pilihan metode pembayaran baik itu kartu kredit maupun debit dengan proses yang cepat dan sangat mudah digunakan.

Jenis-Jenis Iklan Facebook Ads
Ada banyak sekali mannequin atau jenis-jenis iklan yang bisa Anda gunakan pada Facebook Ads. Nah design-Design ini bisa Anda kondisikan dengan kebutuhan dari Iklan Anda pastinya. Setiap bisnis mempunyai jenis-jenis iklan sendiri yang membuat orang tertarik untuk melihat dan melakukan kunjungan pada iklan Anda. berikut ini adalah beberapa bentuk Iklan dari Facebook Ads :

* Facebook Image Ads

Anda dapat memanfaatkan layanan Iklan Facebook Ads dengan memanfaatkan gambar berukuran persegi dan persegi panjang sebagai salah satu elemen yang bisa Anda manfaatkan untuk periklanan Facebook Ads Anda. Prosesnya sangat mudah dimana Anda tinggal melakukan upload pada gambar yang akan Anda jadikan iklan.

* Facebook Video Ads
Nah selain gambar, Anda juga bisa memanfaatkan konter berbasis Video untu iklan Anda. Anda tinggal mengupload konten video tersebut untuk bisa ditampilkan pada iklan Facebook Ads.

* Facebook Carousel Ads

Konten Carousel merupakan sekumpulan beberapa gambar yang membentuk swipe / geser ke kanan kiri sehingga membuat iklan fb ads Anda akan lebih menarik dengan konten yang berbeda-beda.

* Facebook Offer Ads

Nah ini sangat cocok untuk Anda yang memanfaatkan Facebook Ads dengan tujuan Convertion dimana ada fitur khusus dengan fb Offer Ads.

* Facebook Canvas Ads

Merupakan salah satu materi iklan seperti layaknya Landing page pada web site. Anda bisa memanfaatkan Facebook Canvas Ads untuk bisa membuat iklan fb Ads Anda lebih menarik untuk dikunjungi oleh orang.

* Facebook Lead Ads

Pada materi iklan ini, Anda bisa memanfaatkan Facebook Leade Ads untuk mannequin iklan yang mengumpulkan information pengguna. Misalnya Anda ingin pengguna Anda mendaftar dulu akunnya sebelum mereka melakukan order pada produk jualan.

* Facebook Collection Ads

Facebook Collection Ads sebenarnya juga sama dengan fb caraosel dimmana tampilannya terdiri dari beberapa gambar dalam satu elemen iklan sehingga membuat pengguna akan lebih variatif dalam melihat konten iklan Anda.

* Facebook Page Like Ads

Nah konten iklan ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menaikkan Follower atau Like Facebook Anda, namun faktanya metode ini biasanya bisa lebih mahal dibandingkan dengan mannequin iklan fb advertisements lainnya.

Cara Membuat Facebook Ads
Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan bila kalau ingin memasang iklan lewat Facebook Ads. Sebelum melangkah lebih details, Anda perlu ketahui untuk struktur dan urutan membuat Facebook Ads mulai dari membuat Campain, Ads Set, Sampai Konten Iklannya seperti gambar berikut :

Nah jika sudah, berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana membuat Facebook Advertising (FB Ads) untuk bisnis Anda :

1. Untuk memasang iklan di Facebook Ads, pastikan anda sudah login di akun Facebook, kemudian silakan buka tautan berikut ini: /advertisements/supervisor . Klik tombol Buat Iklan. Tentukan Tujuan Marketing Silakan pilih tujuan advertising, pada contoh ini kami memilih Lalu Lintas. . Silakan Pilih Tujuan Marketing,
Konversi: Untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada web site Anda. Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan target yang ditentukan. Kunjungan toko: Jika Anda memiliki toko offline atau toko fisik, silakan pilih bagian ini untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi toko Anda.
4. Atur Set Iklan
Tentukan nama set iklan Anda, pada contoh ini kami membuat nama Iklan Pertamaku. . Kunjungan : Di bagian kunjungan silakan pilih salah satu, kami memilih Situs Web atau Messenger. . Promo : Jika Anda ingin menambahkan promo, silakan aktifkan bagian Promo, dan pilih Pelajari selengkapnya untuk mempelajari lebih detail. Pada langkah ini kami tidak mengaktifkannya. . Pemirsa : Pada langkah ini silakan tentukan saja yang Anda inginkan untuk melihat iklan Anda. Berikut adalah penjelasan element mengenai Pemirsa dari iklan Anda nantinya. silakan disesuaikan dengan target yang sesuai dengan produk yang Anda miliki: * Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi dari targetMasukkan satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat, atau Designated Market Areas ® untuk menampilkan atau mengecualikan iklan Anda kepada orang dalam lokasi ini. Penargetan lokasi belum tersedia di semua negara.
* Umur: Jika produk yang akan Anda iklankan berdasarkan rentang usia tertentu, Anda dapat memilih goal berdasarkan usia, misalnya orang dengan usia tahun. Silakan disesuaikan dengan produk yang akan Anda iklankan. Jenis Kelamin: Anda juga dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika produk khusus wanita berarti Anda dapat memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Selain itu juga dapat dipilih keduanya.
* Bahasa: Jika Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, biarkan ini kosong kecuali pemirsa yang Anda targetkan menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah Anda pilih. 11 Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk goal iklan yang lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan untuk memilih yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan. . Penempatan Untuk menentukan penempatan iklan Anda yang ingin ditampilkan, disini kami memilih Penempatan Otomatis. Untuk penempatan terdapat dua pilihan: Penempatan Otomatis (Disarankan): Untuk pilihan ini Anda tidak perlu memilih dimana iklan Anda ingin ditampilkan, secara otomatis Facebook akan menampilkan iklan pada Plaform dengan kinerja paling baik, seperti pada Facebook, Instagram atau Audience Network. Sunting Penempatan: Pada pilihan ini Anda dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan berdasarkan Jenis Perangkat dan Platform. Misalnya jika Anda ingin iklan tampil pada perangkat tertentu seperti Seluler atau Desktop (disarankan memilih semua perangkat). Untuk Platform berupa Facebook, Instagram dan Audience Network. . Anggaran & Jadwal Tentukan berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan, dan kapan Anda ingin iklan ditayangkan.

5. Upload Konten Iklan
Tahap Terakhir yang Anda lakukan Adalah menentukan konten iklan yang Ingin Anda iklankan. Disini ada beberapa bagian yang perlu Anda Konfigurasi seperti mengupload konten Gambar / Video dari Iklan Anda : Nah setelah itu Anda dapat memasukkan beberapa konten lainnya seperti Anda melakukan addContent Status di Facebook. Pada Pada bagian ini Anda bisa memasukkan judul, Caption, dan Deskripsi yang cocok dengan Iklan Anda, jangan lupa memasukkan Call to Action dan hyperlink target dari Iklan Anda. Jika Sudah, jangan lupa di Review dan di publish, maka Anda sudah berhasil membuat iklan Facebook Anda.

Baca Juga : Panduan Digital Marketing Untuk Pemula

Kesimpulan dan Penutup
Facebook adverts memiliki banyak manfaat bagi anda yang memiliki bisnis on-line. Tugas Facebook Ads adalah menyebarkan konten iklan bisnis yang anda punya ke dalam di timeline para user Facebook. Penempatan iklan biasanya berada pada beranda atau sidebar.

Dalam dunia digital advertising selain sebagai model awerness, Facebook ads juga dapat menghasilkan uang dengan convertionnya. Bahkan, kini banyak market yang memanfaatkan fb adverts ini sebagai sarana promosi.

Setelah anda mempelajari dan mengetahui tentang facebook advertisements, anda dapat membangun toko on-line sekaligus mengaktifkan fb ads anda sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Related Post