• Mon. Jun 14th, 2021

Jago Liput

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Selain Untuk Kesehatan Jantung, Ini  Manfaat Bawang Putih Lainnya

Byjagoliput

Jun 5, 2021

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki aroma yang tajam. Selain itu, rasanya juga kuat dan cenderung pedas. Hampir setiap masakan Indonesia menggunakan bahan tersebut karena dapat membuat berbagai hidangan menjadi lebih lezat. Siapa sangka jika bawang putih juga memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan. Yuk simak informasinya di sini!

Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Untuk Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit yang berkaitan dengan jantung sangatlah beragam. Beberapa contohnya adalah kolesterol dan hipertensi. Hampir dapat dipastikan bahwa orang yang mengalami dua gangguan ini akan mengalami gangguan pada organ jantungnya. Organ vital tersebut akan bekerja dengan berat dan jika dibiarkan dapat berujung fatal.

Bawang putih ternyata dapat digunakan sebagai salah satu obat alaminya. Komoditas tersebut dikenal sebagai salah satu komponen obat herbal untuk menurunkan kolesterol dan hipertensi. Komoditas ini juga mengandung senyawa sulfur yang nantinya di dalam tubuh akan diubah menjadi gas hydrogen sulfide. Gas tersebut memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Selain menstabilkan kolesterol, bawang putih juga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan. Berdasarkan sebuah penelitian, sudah terbukti bahwa bawang putih mampu mengurangi infeksi bakteri H. pylori di lambung. Mikroorganisme tersebut menjadi penyebab maag dan tukak lambung, dua jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, bawang putih juga dapat mendetoks saluran pencernaan. Tidak heran jika komoditas ini baik dikonsumsi saat malam, karena nanti di keesokan harinya tubuh akan menjadi lebih segar. Sangat disayangkan jika informasi ini tidak banyak diketahui, padahal saluran pencernaan memegang peran penting bagi kesehatan manusia.

3. Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Informasi bahwa bawang putih dapat mencegah kemungkinan kanker tampaknya sudah sering terdengar. Untungnya, hal tersebut bukan hanya isapan jempol belaka. Berbagai penelitian sudah dilakukan dan khasiatnya sudah terbukti benar. Melalui kandungan allicin nya, komoditas ini memiliki sifat antikanker.

Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah diantaranya adalah kanker lambung, payudara, usus besar, paru paru, dan pankreas. Namun untuk informasi yang berkaitan dengan nilai efektivitas bawang putih ini belum banyak ditemukan. Tampaknya hal tersebut tergantung kondisi tubuh orang yang bersangkutan. Oleh karena itu anda harus tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat.

4. Mencegah Pilek dan Flu

Pilek atau flu merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh anak anak maupun orang dewasa. Tanda gangguan ini adalah hidung yang terus mengeluarkan ingus sehingga membuat penderitanya tidak nyaman. Tingkat keparahannya juga beragam dan terkadang disertai dengan gejala demam.

Gangguan tersebut ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi bawang putih lebih jarang terserang flu. Selain itu mereka juga lebih cepat sembuh dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsinya. Tentu informasi ini masih perlu dikaji lebih dalam sehingga informasinya menjadi lebih lengkap.

5. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Bawang putih ternyata dapat mencegah seseorang mengalami alzheimer yang berujung pada demensia. Mengapa demikian? Karena salah satu pemicu kedua penyakit itu adalah radikal bebas. Sedangkan bawang putih merupakan sebuah komoditas yang kaya akan senyawa antioksidan sehingga dapat menekan kemungkinan penyakit tersebut untuk muncul.

Perlu anda ingat bahwa berbagai sayur termasuk jenis umbi umbian mengandung segudang manfaat. Untuk memperoleh segala kebaikannya, anda harus membeli bahan tersebut di toko terpercaya, seperti tanihub.com. Selain barangnya berkualitas, mereka juga menjadi solusi bagi anda yang sedang menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid 19.

TaniHub sendiri merupakan e-commerce untuk menyalurkan hasil tani yang bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha (B2B) dan end-user (B2C). Aplikasi ini dinilai menjadi solusi atas masalah pasokan dan distribusi bahan pangan karena langsung menghubungkan petani dan konsumen maupun pedagang.

Ide TaniHub berawal dari mimpi agar para petani Indonesia dapat menikmati hasil yang adil untuk segala kerja keras mereka. Produk pertanian lokal yang dihasilkan diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat dengan harga terjangkau. Di akhir 2015, TaniHub hanya melayani permintaan pengiriman sayur hasil pertanian ke rumah. Pada Juli 2016, mereka mulai menjadi pemasok bisnis ke bisnis untuk semua komoditas pertanian seperti buah, sayuran, hewan ternak dan kebutuhan sehari hari lainnya.