• Mon. Jun 14th, 2021

Jago Liput

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Tutorial Lengkap Facebook Ads: Belajar Mulai Dari Nol Sampai Bisa!

1/ Anda perlu belajar menemukan manfaat inti dari produk yang ingin Anda jual.
Banyak advertisers yang gagal melewati fase ini. Asal jual, asal iklan, tapi lupa, belum mendefinisikan manfaat inti produknya, apa manfaat terbesarnya, seberapa baik dan berguna produk Anda, dsb. Ini tataran konsep, tapi amatlah penting.

Ambil contoh Anda menjual sepatu.

* Apa sih kelebihan dari sepatu yang Anda jual?
* Kenapa orang harus beli sepatu Anda? Apakah unik? Terbaik?
* Seberapa penting sepatu Anda harus mereka miliki?

Value yang jelas, terang, mengkristal, akan memudahkan Anda dalam membuat materi-materi iklan yang akan digunakan pada saat Anda terjun ke dalam Facebook Ads.

Lebih jauh mengenai value, Anda bisa belajar dari Business Model Canvas yang ditemukan oleh Alex Osterwalder dan Alan Smith. Melalui Business Model Canvas, Anda akan mengenal bahwa dalam membangun sebuah bisnis, yang pertama Anda harus fokuskan adalah Value.

2/ Anda perlu untuk tahu, siapa yang layak mendapatkan manfaat inti tersebut.
Setelah Anda menemukan/menciptakan worth dari produk Anda, maka Anda perlu untuk merinci, membuat daftar, siapa kira-kira orang yang akan mengucapkan “terima kasih” jika Anda menyampaikan manfaat tersebut kepada mereka.

* Umurnya?
* Jenis kelaminnya?
* Pekerjaannya?
* Hobinya?
* Gadget yang digunakan?
* Bahasa yang dipakai sehari-hari?
* Dimana mereka tinggal?
* dsb.

Semakin Anda mampu mendefinisikan ini, akan semudah proses Anda beriklan. Jika Anda belum yakin, buatlah beberapa daftar kira-kira, asumsi-asumsi awal. Ini sangatlah penting. Kenapa? Karena Facebook Ads hanyalah sebuah media untuk memperluas jangkauan manfaat dari produk yang Anda miliki, agar bisa dinikmati lebih banyak orang. Nah jika kita salah menentukan penerima manfaat dari produk kita, tentu produk Anda akan kurang mendapatkan respon. Anda menjual jilbab kepada perempuan, tentu akan lebih terbayang manfaat dan keindahan jilbab itu di benak mereka daripada Anda iklankan kepada pria.

Saya sering melakukan proses ini dengan salah satu Mind Tool yang bernama brainstorming. Untuk market luar negeri, web site yang menjadi andalan saya dalam meriset ecommerce adalah sbb:

Sedangkan untuk market dalam negeri, Anda bisa memanfaatkan website berikut ini:

Saya yakin Anda banyak yang menganggap “yah.. itu kan web site biasa aja. Apanya sih yang diriset dari situ?”. Jawaban saya 1: TESTIMONIAL. Anda harus belajar dari testimonial mereka semua yang ada disana. Apa yang mereka puji, apa yang mereka keluhkan, apa yang menjadi pertanyaan mereka, bahan diskusi mereka, dan sebagainya. Ini hal penting yang amat sangat sering dilupakan.

3/ Izinkan diri Anda untuk mau belajar hal baru yang lebih rumit: teknis Facebook Ads.
Saya akan katakan ini dari awal: belajar Facebook Ads memang simpel, tapi tidak mudah. You can’t use an old map to explore the brand new world.Berikut ini gambaran besar dulu yang akan saya berikan, sebelum kita masuk ke bagian faktor teknis dan detail. Paling tidak ada four hal yang Anda harus kuasai nantinya :

* Merencanakan iklan. Apa objective Anda, hasil akhir apa yang ingin dicapai, indikator kalau iklan Anda berhasil, dsb.
* Memasang iklan. Untuk itu Anda harus memahami secara utuh nantinya, apa itu Campaign” /> Adset” /> Ads. Ini adalah struktur peletakan dasar iklan di Facebook Ads.
* Membaca laporan hasil iklan: Apa itu CPM, CTR, CPC, CTA, WC, VC, ATC, dsb. Ini sangat basic. Kalau Anda belajar matematika, Anda akan bertemu kosakata: integral, sudut, bilangan, turunan, perkalian, deret, dsb. Kalau Anda belajar biologi, Anda akan ketemu kosakata: kambium, tunas, pohon, serat, mitokondria, dsb. Nah jika Anda belajar Facebook Ads, ya Anda akan bertemu kosakata itu tadi! Mau tidak mau, suka tidak suka, harus bisa dan mau.
* Menganalisa hasil iklan. Apakah kondisi iklan Anda masih layak untuk diteruskan ataukah tidak. Apakah ada hasil yang keluar dari perencanaan, apakah malah hasilnya melebihi target, dll. Dari hasil analisa ini nantinya Anda akan tahu, apa yang harus dilakukan di step berikutnya.

Struktur iklan di Facebook Ads4/ Izinkan diri untuk menjadi pengamat yang jeli seperti rajawali.
Memasang iklan di Facebook Ads, adalah pendalaman seni observasi. Anda harus rajin mengamati iklan orang lain yang ada di timeline Anda, membuat hipotesa sederhana mengapa ada iklan yang mendapatkan respon sangat baik, ada pula yang jelek. Anda juga harus mengamati, apa yang sedang tren saat ini, menyelami kehidupan pemirsa Anda, mencoba terlebih dulu produk yang akan Anda jual, melakukan survey market kecil-kecilan, dsb.

Keberhasilan seorang advertisers bukanlah ditentukan dalam course ataupun workshop. Course/workshop/coaching, hanyalah peletakan dasar-dasar. Sedangkan faktor keberhasilan utama lebih ditentukan dari pengamatan yang element terhadap pekerjaan yang ia lakukan.

5/ Haramkan diri untuk mengalami distraction.
Jika Anda sudah memutuskan untuk ingin mempelajari Facebook Ads, maka tutup dulu pelajaran lain, sampai Anda menguasai Facebook Ads. Jangan lapar mata, sedikit sedikit lihat screenshit orang lain, tergiur, pindah.

Jika FB Ads sudah diluar kepala bagi Anda, maka silakan mengerjakan yang lain. Saya saja sudah bertahun-tahun, belum juga tamat dalam belajar FB advertisements. Baru belajar sebentar yang A, sudah ada update B, C, D. Kita sedang berada di dalam sebuah industri yang paling inovatif abad ini. Bergerak hitungan detik, menit, jam. Sedikit aja meleng, kita sudah ketinggalan jauh.

Generally, these 5 issues will save your time, a lot. Paling tidak, Anda sudah memiliki gambaran umum yang jelas terlebih dulu di awal.

Nah, berikut ini adalah penjelasan yang akan sangat element. Saya harap Anda semua nggak ngantuk. Kalau perlu, dicatat, disimpan dulu halaman ini sampai waktunya tiba Anda siap mempraktekkan. Tutorial ini akan terbagi menjadi beberapa bagian:

1. Persiapan business supervisor
2. Mempersiapkan akun iklan
3. Mempersiapkan metode pembayaran
four. Mempersiapkan page fb
5. Beriklan

1/ Persiapan Business Manager
Dalam memasang iklan, ada 2 cara yang bisa Anda tempuh:

1. Menggunakan akun personal
2. Menggunakan akun Business Manager

Manakah yang saya sarankan? Saya tidak akan pernah lagi mengajar orang untuk menggunakan akun personal. Kenapa?

1. Akun private terbatas integrasinya. Biasanya ini dipakai untuk yang benar-benar mulai pertama kali.
2. Karena pada akhirnya nanti ketika bisnis Anda tumbuh, Anda akan “terpaksa” menjalankan iklan Facebook Ads dari akun business supervisor! Jadi semacam Anda belajar 2 kali hehehe.. Selain itu, fitur di business manager Facebook Ads lebih komplit dan akan membuat iklan Anda jauh lebih mudah.
three. Akun BM mudah dibuat. Jadi ngapain Anda memulai dengan akun personal sekarang? Mending langsung ke BM, biar sekalian belajarnya.

Oke mari kita pelajari sekarang.

1/ Apa itu FB Ads Business Manager?
Business Manager (BM) adalah sebuah portal pengelolaan multi akun FB advertisements yang disediakan oleh Facebook. Cara membuatnya sangat mudah, anda tinggal berkunjung ke lalu melakukan pendaftaran disana. Segera kunjungi sekarang, sambil Anda baca tutorial saya.

2/ Mengenal ID Business Manager
Setelah Anda membuat akun di Business Manager, silakan login. Lihat URL di browser Anda seperti berikut. Catat nomor yang muncul setelah business_id=.Apakah sesungguhnya Business Manager ID ini? Ibaratnya Anda punya no KTP, maka ini adalah no KTP dari business manager Anda. Akan terpakai dalam banyak sekali hal nantinya.

three/ Mulai mempelajari Business Manager
Untuk memulai akrab dengan Business Manager sangat mudah. Pertama, silakan lihat screenshot dashboard business supervisor berikut ini :

Kalau Anda bingung, tombol ini adalah tombol Home dari business manager. Jadi, hafalkan dulu, pahami dulu. Kembali ke residence adalah solusi kalau ternyata habis Anda jalan-jalan, terus tersesat. 😀

four/ Hal Pertama Yang Musti Dimasuki Ketika Membuka BM
Setelah Anda paham mana jalan pulang, mari kita jalan-jalan. Semua peta perjalanan di dalam BM ada di apa yang dinamakan “Business Settings”. Kunjungi dulu ini, kalo udah paham, baru lanjutkan poin berikutnya

5/ Membaca Peta
Nah, sekarang ini kita akan memasuki peta di Business Manager. Ada beberapa hal yang musti Anda tau agar Anda bisa cepat paham business supervisor. Sekedar informasi, untuk mempelajari business supervisor fb Ads tanpa panduan, bisa memakan waktu 1 bulan lebih. Tapi dengan panduan saya, insya Allah dalam beberapa hari Anda akan cepat belajar.

Struktur penting yang harus Anda perhatikan, yaitu People & Assets. Isinya adalah sebagai berikut:

* People. Ini adalah orang-orang yang tergabung di dalam business manager Anda. Iya.. bisnis Anda, bukan bisnis saya, atau orang lain. Ingat sekali lagi, bisnis Anda.Nah, tentunya didalam sebuah bisnis, ada bos dan ada karyawan. Bosnya enterprise supervisor dinamakan Admin, dan karyawannya enterprise supervisor dinamakan Employee.Anda bisa mengangkat seorang karyawan, atau mungkin hanya Anda sendiri dulu saja yang jadi Admin.
* Pages. Ini adalah aset bisnis Anda dan aset bisnis yang Anda kerjasama di dalamnya. Misal, anda punya pages Facebook (dimana nanti akan kita pelajari), lalu Anda kerjasamakan dengan orang lain untuk mengelola web page tersebut, maka Anda bisa menjadikan enterprise manager mereka sebagai admin. Demikian sebaliknya.
* Ad Accounts. NAH!! inilah tempat dimana nanti Anda akan meluncurkan iklan. Anda hafalkan dulu aja tempatnya, nanti akan saya bahas di bawah tentang tata cara mempersiapkan akun iklan. Ingat: Business Settings > People & Assets > Ad Accounts.

2/ Mempersiapkan Ad Accounts
Dalam mempersiapkan Ad Account, berikut ini yang harus Anda lakukan.

1/ Masuk ke Business Settings > Accounts > Ad Account
Perhatikan bahwa disana akan terdapat akun Anda pribadi. Jika Anda baru membuat BM, maka disana tidak akan nampak akun apapun. Saya akan memberikan screenshot BM saya yang sudah ada akunnya, jadi jangan bingung. Perhatikan baik-baik sambil banyak minum air putih. Simak gambar dibawah ini

Ini adalah tampilan Business Settings > Accounts > Ad Account yang saya bilang. Anda amati dulu saja, ada 4 bagian besar yang akan menjadi pembahasan.

2/ Membuat Ad Account
Perhatikan field 3. Diatas field 3 ada tombol yang lupa saya kotakin, yang bernama: Add New Ad Account atau ADD (untuk versi terbaru). Anda klik, nanti Anda akan melihat kotak seperti ini:

Pilih Create a New Ad Account.Setelah itu Anda akan melihat kotak seperti ini :

Nah, isilah dengan information sebagai berikut:

* Ad Account name: terserah Anda
* Advertising on behalf: pilih nama enterprise supervisor Anda sendiri (default)
* Time zone: Indonesia (kalau Anda beriklan untuk negara Indonesia)
* Currency: Isi saja Rupiah, lebih aman (terkait urusan pajak dsb)
* Payment technique: abaikan dulu saja sekarang (karena Anda belum menambahkan payment methodology)

Jika sudah semua, klik Create Ad Account. Setelah itu, jika accredited Anda akan melihat kotak seperti ini:

Ikut sesuai petunjuk pada gambar.

* Ganti default role menjadi admin
* Centang nama Anda sendiri
* Klik save adjustments

Nah setelah fase ini beres, selesailah sudah Anda membuat ad account facebook. Anda akan melihat tampilan sebagai berikut :

Perhatikan yang saya tandai :

* No 1, itu adalah Ad Account number. Bedakan dengan Business Manager ID. Business Manager adalah payung yang menaungi banyak Ad Account.
* No 2, itu adalah link untuk Anda menuju dashboard advert account Anda.

three/ Membuat Pixel

Selamat Anda sudah berhasil membuat akun Facebook Ads. Ini adalah hal terpenting dalam mempersiapkan iklan Facebook. Nah sekarang, kita akan membuat pixel. Apa itu pixel? Telan aja dulu saat ini, akan saya jelaskan pada artikel lain secara komprehensif juga. Intinya: Anda harus mempersiapkan pixel dari sekarang.Mudah kok.

Kalau Anda baru bikin BM, akan muncul seperti yang ada di SS saya diatas. Perhatikan: Business Manager Settings > Data Sources > Pixel. Kosong pixelnya. Maka kita akan membuatnya terlebih dulu.

Klik tombol ADD. Jika sudah, Anda akan melihat popup seperti berikut ini. Klik saja Next.

Setelah Anda klik subsequent, akan muncul lagi keterangan sebagai berikut :

Klik saja continue. Setelahnya Anda akan melihat daftar pixel seperti ini :

Perhatikan bahwa disitu ada bulatan kecil warna merah. Itu tidak apa-apa. Artinya pixel Anda belum dimanfaatkan sama sekali/belum diinstall ke dalam web site apapun. Nah, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menghubungkan pixel tersebut ke dalam akun yang sudah Anda buat.

four/ Menghubungkan Pixel dengan akun Facebook Ads Anda
Lihat SS terakhir diatas, sebelah kanan atas ada tombol bertuliskan Assign Ad Accounts. Klik itu sekarang. Setelah Anda klik, Anda akan melihat tampilan sebagai berikut:

Nah, pilihlah akun yang tadi sudah Anda buat. Setelah itu, klik Save Changes.Selesai sudah Anda mempersiapkan pixel Facebook.

three/ Mempersiapkan Metode Pembayaran
Sekarang, kita akan mempersiapkan metode pembayaran kepada Facebook. Pada intinya kita membayar Facebook bisa melalui 2 metode: kartu debit dan kartu kredit. Untuk kartu kredit, nyaris seluruh kartu kredit di Indonesia bisa dipakai sebagai metode pembayaran. Tapi, tidak semua kartu debit bisa Anda gunakan. Yang bisa hanya ada three kartu debit sejauh yang saya tahu:

* Bank Mandiri (Verfied by Visa)
* Bank Permata
* BTPN Jenius

Saran saya, buatlah akun di 3 bank tersebut dan mulailah memasang iklan dengan kartu debit bukan kartu kredit. Kenapa? Agar price range iklan Anda bisa dialokasikan dengan lebih aman. Misal Anda taruh uang di kartu debit Anda 1 juta, Anda akan merasa aman karena maksimal terdebet dari kartu Anda ya sebesar 1 juta.

Oke langsung saja ke detail teknis cara menambahkan payment methodology.

1/ Membuat payment methodology terlebih dulu.
Masih ingat dengan dashboard enterprise settings? Jika lupa, silakan lihat ini kembali:

Untuk menambahkan fee methodology, Anda akan bekerja dengan menu Payments. Nanti akan muncul gambar seperti pada screenshot diatas.

Perhatikan di sebelah kanan gambar tersebut. Lihat ada tombol dengan tulisan: Add. Anda klik button itu.

Setelah Anda klik, akan muncul box seperti berikut:

Atur dengan komposisi sebagai berikut:

* Billing nation: Indonesia
* Currency: Indonesian Rupiah
* Masukkan element card quantity sesuai dengan 16 digit nomor pada kartu debit/kredit Anda, lengkap dengan expiration date dan safety code

Setelah itu klik Continue. Selesai sudah Anda membuat fee method.

2/ Menghubungkan payment methodology dengan Ad Account
Ada 2 cara untuk menghubungkan payment technique. Yang akan saya jelaskan ini adalah langkah yang pelan-pelan dan terstruktur terlebih dulu.

Pertama-tama, Anda harus kembali ke menu enterprise settings > Accounts > Ad Account. Tekan garis tiga di header atas, lalu perhatikan ini :

Setelah Anda memilih business settings, nanti akan muncul halaman utama. Pilih bagian Ad Accounts.

Setelah Anda memilih Ad Accounts, lalu pilih akun yang Anda telah buat di sesi pembuatan Ad Account diatas. Jika sudah, perhatikan gambar dibawah ini :

Pada gambar, jika Anda sudah memilih akun, lalu segera klik no three: View Payment Method.Setelah itu akan muncul petunjuk seperti ini:

Kebetulan pada contoh diatas, akun tersebut sudah saya tambahkan metode pembayaran. Jika ini adalah pengalaman pertama Anda, maka segera klik Add Payment Method. Nanti akan muncul ini :

Secara default, akan terpilih credit score or debit card. Anda tinggal pilih saja Payment Method from Business Manager. Klik proceed. Setelah Anda klik continue, akan muncul halaman seperti ini :

Pada contoh, terdapat three cost strategies. Tapi kalau Anda baru menambahkan fee methodology seperti pada langkah 1 di awal, maka hanya akan muncul 1 payment method. Pilihlah payment methodology tersebut, lalu pilih proceed. Selesai. Akun Anda sukses memiliki payment method yang sudah Anda tetapkan di awal.

four/ Mempersiapkan Page
Saya harap, dengan Anda sudah sampai pada fase four ini, Anda sudah mulai memahami struktur business supervisor. Nah sekarang kita akan mempersiapkan page. Apa itu page? Page adalah halaman yang akan dikunjungi oleh audience iklan Anda nantinya. Ibaratnya page itu “websitenya person” lah. Iklan kita nantinya akan dipasang di web page, dan web page tersebut yang diiklankan.

Jadi urutannya begini:

* Kita membuat web site (optional)
* Kita membuat web page untuk meletakkan postingan yang berisi hyperlink website,
* Kita membuat submit di page, yang memuat link web site kita pada konten yang dijadikan post

1/ Membuat Page
Sekarang kita akan masuk ke : enterprise settings > Accounts > Pages. Klik seperti gambar di bawah ini

Klik tombol berwarna biru: ADD. Nanti akan muncul seperti ini :

Pilih saja Create New Page. Setelah itu, muncullah halaman seperti berikut:

Pilih yang mana? Terserah Anda suka yang mana. Tergantung dengan produk yang akan Anda tawarkan kepada masyarakat. Pada bagian ini Anda bisa eksplorasi, pertimbangkan, manakah yang paling pas untuk Anda. Jika sudah memilih, Anda akan mengisi form lagi seperti ini:

Pada bagian ini, isi sesuai dengan keinginan Anda juga. Tidak ada patokan yang pasti, semua tergantung consumer. Jika sudah, klik Create Page. Misalkan disini saya membuat web page dengan nama Belajar Bisnis Online. Maka akan terlihat seperti ini jika sudah di create:

Anda lihat dibawah judul ada link, silakan link tersebut di klik. Maka Anda akan tiba di halaman inti web page seperti berikut ini:

Ini adalah contoh halaman yang masih mentah. Silakan Anda lengkapi terlebih dulu, mulai dari gambar profil, Cover, dan sebagainya. Lengkapi juga element page ini di settings. Luangkan waktu untuk mempelajari detil dari web page ini. Mungkin nanti akan saya bahas lebih detil di artikel yang lain mengenai pengoptimalan halaman/web page.

2/ Membuat Post
Cara membuat publish di page sangat sederhana, mirip seperti Anda memuat postingan di Facebook. Lihat ini dan perhatikan tulisan di post yang sudah saya buat ini.

Nah demikianlah bagian penting untuk membuat website dan web page, sebelum Anda menginjak untuk memasang iklan.

Masih kuat? 😀 Oke lanjut!

5/ Memasang Iklan
Saya akan menjelaskan cara memasang iklan secara cepat saja. Karena pada dasarnya seluruh materi untuk memasang iklan tidak akan cukup dijelaskan dalam 1 artikel. Saya juga sempat membahas mengenai struktur iklan melalui video saya di artikel ini.

1/ Memilih objective
Masuklah ke enterprise settings > Accounts > advert account. Saya tidak akan menjabarkan ini melalui screenshot lagi karena saya anggap Anda sudah mulai paham struktur enterprise settings.

Setelah Anda memilih ad account, silakan masuk ke halaman Ads Manager dengan memilih hyperlink view ad account in adverts supervisor seperti pada gambar:

Setelah Anda pilih link tersebut, Anda akan masuk dashboard Ads Manager seperti ini:

Perhatikan urutan di samping kiri:

* Campaign: objective
* Ad account: Create new
* Ad Set: Audience, Placements, Budget & Schedule
* Ad: format, media, additional creative

Pada bagian Ad Account: create new, itu hanya muncul jika Anda baru pertama kali mengakses akun iklan Anda untuk memasang iklan. Jadi, disesuaikan saja nanti detailnya dengan yang sudah Anda masukkan di awal pada saat membuat Ad Account.

Saat ini kita akan menentukan goal. Saya sudah menjabarkan secara sangat lengkap mengenai objektif di dalam Facebook Ads disini. Anda bisa pelajari sendiri. Namun pada langkah awal sekarang, pilih saja Brand Awareness sebagai goal awal. Bedanya apa itu semua? Silakan baca di artikel yang saya tulis tersebut. Intinya, iklan pertama Anda, bisa dimulai dengan brand awareness.

2/ Mengatur Ad Account
Setelah diklik Set Up Ad Account, akan muncul sebagai berikut. Pilih saja Indonesia semuanya, karena kita tinggal di Indonesia dan akan jualan/mendapatkan site visitors di Indonesia lagi.

Jika Anda tekan continue, maka akan berpindah ke menu berikutnya.

3/ Membuat Ad Set
Ad set berisi mengenai audience Anda, placement dimana iklan diletakkan, dan finances & schedule. Lihat SS berikut:

Berikut ini adalah pengaturan Audience. Anda bisa masukkan sesuai dengan keinginan Anda, siapa yang akan melihat iklan Anda. Saya tidak akan detail disini, karena ini pun juga bisa satu materi tersendiri ribuan kata dan video. Saya pernah mengajari mengenai concentrating on Facebook yang bisa Anda tonton pada bagian lain di web site ini.

Setelah Anda mengatur viewers, maka di level adset Anda juga akan mengatur placements iklan Anda. Jika Anda pilih Edit Placements, maka akan muncul pilihan yang bervariasi. Sampai disini, Anda juga bisa letakkan iklan Anda pada placement tertentu yang Anda anggap menguntungkan.

Terakhir, di degree adset Anda akan mengatur price range & schedule. Perhatikan disini ada beberapa hal yang cukup penting, terutama mengenai price range dan bidding. Anda bisa mengatur price range Anda harian, atau lifetime. Budget terendah beriklan di Facebook Ads bervariasi untuk setiap objective. Jika Anda menggunakan Brand Awareness seperti yang kita setting saat ini, maka finances terendahnya Rp 10.000. Wow murah! Perhatikan pula bidding. Untuk pemula, saya sarankan Anda memulai dengan automated bidding. Kenapa? Ada di artikel ini jawabannya.

Tidak perlu Anda utak-atik di bagian ini selain finances jika Anda belum paham sama sekali. Skip langsung saja. Klik proceed.

> Hal yang perlu diperhatikan dalam pengaturan Adset adalah viewers/pemirsa. Hal ini berhubungan dengan faktor non-teknis yang saya bahas di awal artikel. Tantangan terbesar ada di pemilihan audience. Sisanya, insya Allah mudah.

4/ Membuat Ad
Karena tadi kita sudah pernah membuat submit di web page “belajar bisnis online”, maka kita bisa gunakan publish tersebut sebagai materi iklan. Simak berikut ini:

Anda lihat di tab atas, terdapat pilihan create new ad atau use current post. Pilih saja yang kedua jika Anda memang sudah punya submit yang ingin diiklankan. Oleh karena itu, triknya, Anda buat saja dulu di page, postingan yang ingin Anda iklankan nantinya.

Nah, jika sudah oke semua, Anda bisa klik tombol Place Order untuk melanjutkan.

Sampai disini, proses iklan telah selesai. Iklan Anda telah disubmit ke Facebook untuk di evaluate, apakah Ada yang keliru dalam materi dan kontennya. Jika lolos, maka selamat, iklan Anda telah aktif!

Agar Anda lebih paham mengenai cara dan teknis beriklan di Facebook, berikut saya berikan beberapa video yang bisa membantu Anda memahami secara lebih utuh.

.

Langkah pertama di Facebook Ads

.

Facebook Ads a hundred and one

Demikianlah complete tutorial memulai Facebook Ads ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda dalam membangun usaha. Terima kasih telah membaca. []