• Mon. Jun 14th, 2021

Jago Liput

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Apa Itu Fb Ads? Layanan Pengiklanan Online Paling Efektif Untuk Promosi

Salah satu hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk yakni dengan cara melakukan promosi. Dan promosi juga menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan setiap perusahaan agar produknya bisa dikenal masyarakat luas. Selain wajib, kegiatan promosi ini juga lebih baik rutin diterapkan dalam periode tertentu, baik itu satu tahun sekali ataupun enam bulan sekali. Intinya, rutin dalam waktu yang sudah ditentukan.

Adapun promosi sebenarnya terdiri menjadi dua jenis, yaitu offline dan on-line. Namun perusahaan cenderung lebih mengutamakan promosi secara offline karena diyakini target pasarnya lebih terarah. Padahal di period fashionable sekarang ini, dimana teknologi internet sudah hampir digunakan oleh semua orang maka sangat disayangkan jika sebuah perusahaan tidak melakukan promosi secara on-line. Selain itu, promosi secara on-line juga tentu dapat menjaring cakupan pasar yang lebih luas ketimbang secara offline.

Promosi on-line dapat dilakukan secara free of charge lewat sosial media, forum, grup, dan lain sebagainya. Anda dapat memasarkan produk-produk dengan mudah melewati hal-hal itu. Namun untuk mencakup pasar yang lebih luas, sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan promosi online berbayar yaitu menggunakan layanan FB advertisements.

Pengertian FB Ads – Apa itu FB Ads?
Image: digitalmarketer.id

Facebook Ads atau FB Ads adalah layanan iklan yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan berbagai produk dengan berbagai macam target pasar. Bahkan pengiklan juga dapat mengatur pasar yang dikehendaki, misalkan jangkauan iklan tersebut hanya ditujukkan untuk orang-orang yang berada di suatu wilayah, umur tertentu, berdasarkan hobi, jenis kelamin ataupun lainnya. Tentu mengatur jangkauan pasar ini untuk membuat iklan lebih terarah dan sampai kepada pengguna yang diinginkan. Misalnya anda mempromosikan produk mengenai baju perempuan, otomatis mustahil bagi anda mempromosikan baju tersebut ke laki-laki. Maka dari itu, anda dapat mengatur jangkauan pasar berdasarkan jenis kelamin dan memilih perempuan saja yang dapat melihat iklan tersebut.

Adapun iklan yang ditayangkan menggunakan layanan FB Ads hanya akan tampil di Facebook dan Instagram. Meskipun hanya dua jejaring saja, tapi seperti diketahui Facebook sebagai salah satu jejaring sosial terbesar di dunia dan telah memiliki pengguna kurang lebih 1 miliar maka rasanya tidak salah jika mempercayakan FB Ads sebagai layanan periklanan produk anda.

*Baca juga: Jarang Tahu! Inilah Pendiri Facebook Selain Mark Zuckerberg

Mengapa Memilih FB Ads?
Image: timeincuk.net

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Facebook adalah salah satu jejaring sosial terbesar di dunia yang memiliki pengguna kurang lebih 1 miliar pada tahun 2015. Jumlah tersebut tentu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Tidak hanya digunakan penduduk di negara-negara tertentu saja. Pasalnya Facebook hampir digunakan di seluruh negara, pun termasuk Indonesia yang menjadi salah satu negara berpenduduk aktif menggunakan jejaring sosial ini.

Berdasarkan knowledge, Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 54 juta penduduk aktif menggunakan Facebook dari 72,7 juta pengguna web di tanah air. Hal ini sekaligus membuat Indonesia menjadi negara ke-4 dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia. Jika dilihat dari sisi bisnis, tentu data tersebut menjadi pasar potensial bagi beberapa perusahaan, sekaligus juga menjadi pilihan tepat sebagai media beriklan memasarkan produk atau jasa yang anda miliki.

Pengguna FB Ads – Siapa Saja yang Menggunakan FB Ads?
Layanan ini rupanya tidak hanya digunakan oleh pengiklan kecil saja, melainkan banyak perusahaan besar yang mengandalkan FB Ads untuk memasarkan produk mereka. Beberapa diantaranya adalah perusahan Mozilla, Microsoft, dan banyak perusahaan besar lainnya yang memilih menggunakan layanan buatan Facebook ini. Bahkan menurut information yang disampaikan Facebook, ada sekitar 5 juta perusahaan yang mengiklan menggunakan FB Ads setiap bulannya.

*Baca juga: Mark Zuckerberg – Mahasiswa D.O yang Berujung Mendirikan Facebook

Cara Kerja FB Ads – Bagaimana Cara Kerja FB Ads?
Syarat utama yang dilakukan untuk memasang iklan di Facebook yaitu pengguna terlebih dulu harus memiliki laman Fanpage. Fanpage ini dapat dibuat dengan mudah melalui Facebook. Anda juga dapat menyesuaikan visi Fanpage tersebut dibuat untuk keperluan apa, misalkan untuk bisnis, komunitas, hobi, dan lain-lain. Setelah membuat laman fanspage, maka artinya anda bisa mulai beriklan menggunakan FB Ads.

Metode Periklanan Fb Ads
FB Ads memiliki dua jenis metode periklanan, yaitu;

* CPM (Cost per a thousand Mille), dimana pengiklan akan membayar jika iklan yang dipasang telah tayang sebanyak 1000 kali ke goal audiens.
* CPC (Cost per Click), pengguna akan membayar setiap kali iklan diklik oleh audiens dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya.

Metode Pembayaran – Lewat Mana Pembayaran FB Ads?
Image: sagarkhanal.com.np

Layanan Facebook Ads telah menyediakan berbagai macam metode pembayaran agar memudahkan penggunanya melakukan transaksi pembayaran untuk biaya iklan yang dipasang. Jikalau pengguna tidak mempunyai kartu kredit, maka masih bisa menggunakan kartu debet, visa hingga financial institution transfer sehingga hal ini akan memudahkan anda dalam beriklan.

Untuk mencoba layanan ini, anda dapat mengunjungi laman resmi FB Ads di hyperlink berikut /business/merchandise/adverts?_rdc=1&_rdr

*Baca juga: Gagal? 10 Perusahaan yang Pernah Mencoba Membeli Facebook

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan internet hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja web site anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda web site kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-