• Mon. Jun 14th, 2021

Jago Liput

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Facebook Ads : Cara Membuat Kampanye Iklan Di Facebook Yang Efektif

#1 :Pilih Tujuan Kampanye Anda
Struktur kampanye iklan Facebook terdiri dari tiga tingkatan: kampanye, satu set iklan, dan satu iklan. Tingkat pertama, kampanye, adalah dasar dari iklan Anda.

Di tingkat kampanye, Anda memilih tujuan Anda, yang merupakan tindakan yang Anda ingin orang lakukan ketika mereka melihat iklan Anda. Facebook memiliki tiga kategori obyektif: Awareness (Kesadaran), Consideration (Pertimbangan), dan Conversion (Konversi).

Tujuan yang Anda pilih tergantung pada strategi Anda. Misalnya, Anda memiliki strategi konten-pertama. Karena video saat ini merupakan jenis konten Facebook yang paling efektif, Anda dapat menjalankan kampanye tertentu dengan tujuan Video Views(Tampilan Video).

Jika Anda ingin menjalankan kampanye Retargetinguntuk mengirim orang dari Facebook ke situs internet Anda, pilih tujuan Trafficatau Conversion, tergantung pada tindakan spesifik apa yang Anda ingin orang lakukan.

Cara terbaik untuk menentukan tujuan kampanye Anda adalah bekerja mundur dari tujuan Anda . Jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan penjualan untuk bisnis e-commerce Anda, misalnya, Anda dapat menawarkan orang Diskon 10% dari pesanan pertama mereka untuk memikat mereka untuk melakukan pembelian.

Alih-alih memberikan kode diskon di materi iklan Anda, kirim orang dari Facebook ke halaman arahan anda di mana mereka harus memilih sebelum menerima kode diskon. Karena Anda ingin orang lain mengambil tindakan tertentu, Konversi adalah tujuan kampanye yang paling tepat.

> Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, web optimization, Dll.

#2 :Bangun Custom Audience Anda Sendiri
Tahap kedua dalam struktur kampanye adalah Advert Set (Set Iklan), yang menentukan bagaimana iklan Anda akan berjalan.

Tingkat menengah dari struktur kampanye Facebook adalah di mana Anda memilih penargetan (Audience), penempatan (Placement), anggaran (Budget), dan jadwal Anda (Schedule).

Penargetan adalah salah satu elemen terpenting dari kampanye Anda dan dapat membuat atau menghancurkan kinerja, bahkan sebelum kampanye Anda ditayangkan. Mari kita lihat tiga cara untuk mendefinisikan audiens Anda.

* Demografi & Minat Sasaran

Cara termudah untuk menargetkan audiens Anda adalah dengan menggunakan opsi demografis dan minat. Pendekatan ini umumnya digunakan untuk menargetkan orang baru yang sebelumnya tidak berinteraksi dengan bisnis Anda .

Di sini Anda akan memilih batasan demografis seperti lokasi, usia, jenis kelamin, dan bahasa .

Tetapkan penargetan berbasis demografis dan minat dasar pada tingkat Advert Set.

Di bagian Penargetan Terperinci, Anda dapat mempersempit audiensi Anda dengan memilih dari ribuan minat, perilaku, demografi, dan banyak lagi.

Tidak ada aturan untuk seberapa besar audiens goal Anda seharusnya. Biasanya Anda akan mendapatkan hasil terbaik dengan penargetan dasar dengan menggunakan pendekatan berlapis. Pilih campuran minat dan perilaku untuk membidik pelanggan ideal Anda.

Misalnya, Anda adalah peritel mewah di industri pernikahan. Mulailah dengan menargetkan orang-orang yang tertarik pada pernikahan dan hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan.

* Targetkan Custom Audience anda hanya kepada orang-orang yang mengenal bisnis anda

Custom Audience memungkinkan Anda menargetkan orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda di Facebook, di situs web Anda, atau dalam Email Marketing Anda.

Custom Audience dapat memberikan beberapa hasil terbaik untuk kampanye Retargeting karena Anda menargetkan audience kepada orang-orang yang sudah tahu, menyukai, dan mempercayai bisnis Anda.

Saat Anda membuat Custom Audience , Anda dapat memilih dari empat kategori : Customer File, Web Traffic, App Activity, dan Engagement on Facebook.

Mari kita lihat cara menggunakan kategori tersebut secara bergantian.

Dengan Custom Audience Customer File, Anda mengunggah atau mengimpor daftar knowledge dan Facebook akan mencocokkan orang-orang di daftar Anda untuk menemukannya di Facebook. Custom Audience ini adalah sangat krusial jika anda sudah memiliki daftar data pelanggan atau subscriber sebab anda secara spesifik menargetkan mereka dengan Facebook Ads Anda.

Custom Audience situs internet didasarkan pada aktivitas orang-orang di situs web Anda. Anda menggunakan Facebook Pixel & Conversion Tracking untuk melacak pengunjung dan tindakan mereka .

Jenis Custom Audience ini adalah yang terbaik untuk penargetan ulang pengunjung Website. Anda dapat membuat Custom Audience situs web yang berbeda berdasarkan halaman yang dikunjungi, berapa lama mereka di halaman tersebut, dan tindakan apa yang mereka ambil.

Misalnya, anggap tujuan Anda adalah untuk meningkatkan penjualan produk Anda, dan Anda telah memutuskan untuk menjalankan kampanye Retargeting untuk mengingatkan orang agar menyelesaikan pesanan mereka. Untuk melakukan ini, buat Custom Audience Website dari orang-orang yang menyelesaikan tindakan CTA Standar seperti”Add to Cart” dan “checkout however no buy.”

Custom Audience App Activity memungkinkan Anda untuk menyertakan orang yang telah menyelesaikan tindakan tertentu dalam suatu aplikasi atau game Anda . Ini mirip dengan Custom Audience Website, tetapi tindakannya terjadi di aplikasi dan bukan Website.

Custom Audience Engagement mencakup orang-orang yang telah berinteraksi dengan konten Anda di Facebook . Saat ini, Anda dapat memilih dari empat jenis Custom Audience Engagement: Video, Lead Ad, Canvas, & Page.

Custom Audience Engagement Video memungkinkan Anda mengelompokkan orang berdasarkan seberapa banyak video yang telah mereka tonton , yang merupakan cara tercepat untuk membangun audiens penargetan ulang. Dengan Custom Audience Lead Ad, Anda dapat menargetkan orang-orang yang telah berinteraksi dengan iklan utama Anda . Hal yang sama berlaku untuk Canvas dan format iklan canvas.

Custom Audience Engagement Page memungkinkan Anda menargetkan orang yang baru-baru ini berinteraksi dengan halaman Facebook Anda

Penting untuk dicatat bahwa Custom Audience yang berbeda memiliki tingkat kecocokan yang berbeda . Misalnya, Customer Audience File Customer mungkin hanya memiliki tingkat kecocokan 50% hingga 75% karena tidak semua orang akan mendaftar ke daftar e-mail Anda (atau membeli produk Anda) dengan alamat e-mail yang sama yang dikaitkan dengan akun Facebook mereka.

Custom Audience Video, di sisi lain, memiliki tingkat kecocokan a hundred% karena kontennya terkandung dalam Facebook. Hal yang sama berlaku untuk Custom Audience Engagement lainnya.

* Targetkan Lookalike Audience (Pemirsa Serupa) yang Mirip dengan Pemirsa yang Ada

Sederhananya, pemirsa serupa terlihat efektif karena cara Facebook menggunakan algoritma untuk membuatnya. Facebook mengambil point knowledge dari pemirsa sumber yang Anda tentukan dan menggunakannya untuk menemukan orang yang serupa. Ini seperti mengkloning audiens yang ada.

Setelah Anda menentukan audiens Anda dengan opsi penargetan Facebook, Anda dapat memilih penempatan, menetapkan anggaran dan jadwal, dan memilih jenis penawaran.

#three :Bangun & Uji Kreasi Facebook Ads Anda
Tahap terakhir dari struktur kampanye adalah tingkat iklan, atau dikenal sebagai materi iklan Anda. Iklan Anda adalah apa yang akan dilihat oleh pelanggan atau audiens Anda. Di sinilah Anda memilih format dan materi iklan termasuk gambar, video, newsfeed, URL, show link text, dan tombol Call to Action (CTA).

Seperti apa iklan Facebook Anda akan tergantung pada strategi periklanan, tujuan kampanye, dan format iklan Anda. Beberapa tujuan membatasi format iklan mana yang dapat Anda gunakan. Misalnya, tujuan Tampilan Video memungkinkan Anda memilih hanya format iklan video dan tujuan Kesadaran Lokal tidak mengizinkan iklan kanvas.

Semua tujuan periklanan lainnya memungkinkan Anda memilih dari lima format iklan yang berbeda : carousel, gambar tunggal, video tunggal, tampilan slide, dan kanvas

Praktek terbaik iklan Facebook nomor satu adalah membuat banyak iklan saat Anda menjalankan kampanye . Jangan hanya berhenti setelah Anda membuat satu iklan gambar. Misalnya, dengan membuat beberapa iklan untuk menguji variasi dalam salinan, citra, dan bahkan format iklan keseluruhan , Anda dapat meningkatkan kinerja selama masa kampanye Anda.

Perkenalkan iklan baru ketika skor relevansi iklan Anda menurun , seringkali karena frekuensi iklan yang tinggi (di mana orang terus- menerus melihat iklan yang sama), sebagai cara terbaik untuk terus menghasilkan hasil yang positif dari kampanye Anda .

Misalnya, Anda dapat memulai kampanye penargetan ulang (yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan) dengan iklan gambar tunggal dasar, format iklan yang paling umum. Saat skor relevansi mulai berkurang (yang nantinya akan terjadi) seiring meningkatnya frekuensi iklan, Anda memiliki beberapa opsi yaitu:

* Split Test Image. Buat iklan gambar tunggal lainnya dengan gambar berbeda.
* Split Test the Copy. Gandakan iklan tetapi ubah salinannya.
* Split Test The advert Format. Perkenalkan iklan baru dengan format yang berbeda (seperti, iklan carousel atau mungkin iklan video).

Kesalahan umum yang dilakukan orang adalah berhenti bersifat menghasilkan kreatifitas baru. Jika iklan pertama Anda memberikan hasil, jangan berhenti; perkenalkan iklan baru.