• Mon. Jun 14th, 2021

Jago Liput

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Perbedaannya Facebook Ads Manager Vs Boost Post & Promote

Beriklan di Facebook & Instagram
“Saya sudah beriklan di Facebook & Instagram, tapi Saya baru tahu tentang Facebook Ads Manager”

Kira-kira inilah yang sering kami dengar dari consumer maupun calon consumer kami.

Bagi Anda pengguna Facebook maupun Instagram, tombol Boost Post (pada Facebook) dan Promote (pada Instagram) pasti sudah tidak asing lagi. Kedua tombol ini memudahkan Anda untuk beriklan di kedua platform social media tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa beriklan melalui Boost Post berbeda dengan beriklan melalui Facebook Ads Manager? Disini kami akan membahas tentang perbedaan keduanya, serta kapan dan mengapa Anda harus menggunakan kedua tombol ini.

FB Ads Manager, Boost Post, dan Promote
Sebelum mengetahui perbedaan keduanya, Anda harus menentukan tujuan dari beriklan di Facebook maupun Instagram terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan objectives yang Anda inginkan bisa dicapai hanya dengan menggunakan Boost Post yang relatif lebih mudah.

Apa itu Boost Post & Promote?
Boost Post adalah beriklan di Facebook melalui tombol yang sudah disediakan oleh Facebook. Anda dapat menjangkau pengguna Facebook lainnya dan menampilkan content material/publish Anda ke mereka dengan membayar sejumlah uang yang dapat Anda set sendiri budgetnya.

Promoteyaitu beriklan di Instagram melalui tombol yang juga sudah disediakan. Fungsi dari promote dan enhance post adalah sama, hanya saja mereka menggunakan istilah yang berbeda, dimana Promote adalah untuk Instagram, dan Boost Post adalah untuk Facebook.

Ketika Anda melakukan Boost Post, iklan Anda akan tampil di Facebook News Feed sebagai Sponsored Post.

Setidaknya ada 3 hal yang Anda masukkan ketika melakukan Boost Post maupun Promote :

* Siapa yang ingin Anda jangkau – disini Anda dapat menspesifikkan target market Anda dengan memilih Interest, Behavior, Demographic, dan lainnya.
* Banyaknya price range yang Anda ingin gunakan – Budget yang ingin Anda gunakan dapat di set sehingga tidak melebihi jumlah uang yang ingin dikeluarkan
* Berapa lama Anda ingin beriklan – Durasi beriklan dapat di set sesuai keinginan Anda

Boost Post & Promote merupakan cara beriklan di Facebook dan Instagram yang sangat mudah.

Facebook Ads Manager merupakan cara beriklan yang sedikit lebih rumit dibanding menggunakan Boost Post & Promote. Meskipun dinamakan Facebook Ads Manager, Anda dapat beriklan di beberapa platform; diantaranya : Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Dengan menggunakan Facebook Ads Manager, Anda dapat memilih lebih banyak pilihan dalam beriklan, seperti : tujuan beriklan yang lebih variatif, audience yang lebih spesifik, dan platform yang lebih banyak dibanding menggunakan Boost Post & Promote.

Apa Saja Kelebihan Facebook Ads Manager dibanding Boost Post & Promote?
Meskipun lebih sulit digunakan, Facebook Ads Manager mempunyai banyak keunggulan dibanding Boost Post & Promote, berikut penjelasannya.

* Platform beriklan yang lebih luas

Melalui Facebook Ads Manager, Anda dapat beriklan tidak hanya di Facebook saja. Bahkan ketika Anda memilih untuk beriklan di Facebook, ada banyak sekali pilihan yang dapat Anda pilih. Audience network adalah platform lain seperti website dan aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook.

Setiap platform memiliki ketentuan seperti durasi video dan ukuran yang berbeda. Hal ini perlu diperhatikan karena jika Anda ingin beriklan di Facebook & Instagram Story, durasi video yang Anda miliki tidak bisa melebihi 15 detik.

* Objektif Beriklan yang Beragam

Boosted Post hanya memiliki sedikit opsi seperti traffic & engagement, dimana Facebook Ads Manager menawarkan pilihan yang lebih beragam.

Ketika beriklan menggunakan Facebook Ads Manager, Anda harus mempunyai strategi dan tujuan yang ingin dicapai terlebih dahulu, karena setiap pilihan diatas akan memberikan hasil yang tidak sama.

* Format Iklan yang Beragam

Ketika menggunakan Facebook Ads Manager, Anda dapat memilih format iklan yang lebih beragam. Beberapa format yang tersedia diantaranya : Carousel, Video, Slideshow, dan Image. Selain itu, Anda juga dapat memilih C-T-A (Call to Action) button yang beragam.

* Audience yang Lebih Spesifik & Relevan

Dengan Facebook Ads Manager, Anda dapat memilih goal yang lebih spesifik dan relevan dengan bisnis Anda dengan menggunakan Lookalike Audience dan Custom Audience.

Pembahasan mengenai Lookalike Audience dan Custom Audience akan kami lakukan di artikel selanjutnya, karena kedua opsi ini membutuhkan pembahasan yang mendetail dan mendalam.

Jadi Lebih Bagus Yang Mana?
Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus menentukan objektif beriklan Anda. Namun berdasarkan pengalaman kami, Facebook Ads Manager jauh lebih unggul dibanding Boost Post dan Promote, karena opsi dan analytics yang ditawarkan lebih mendetail.

Selebihnya, kebanyakan orang juga belum tahu bahwa beriklan di Facebook, Instagram, dan Audience Network tidak se-easy menekan tombol Boost Post atau Promote.

Mereka berpikir bahwa Boost Post dan Promote adalah satu-satunya cara beriklan di platform Social Media tersebut.

Dengan membaca artikel ini, kami harap Anda mendapat pengetahuan baru tentang perbedaan antara FB Ads Manager, Boost Post, dan Promote sehingga Anda dapat memilih cara yang tepat dan sesuai untuk objektif Anda.

Related Articles :